Monday 10 January 2011

Internationally Inspiring My Mind :)

Hari ini Allah beri hadiah untukku. Pencerahan di saat hatiku tergugu… Alhamdulillah J

Well, hari ini sebenarnya ga ada agenda rutin di kampus –kecuali kampanye calon dekan FKUB, bentar lagi pemilu dekan ni- UAS udah selesai, pun dengan PKM-GT ,dan  ga ada rapat apapun.  Tapi ada jarkom yang hinggap di hp. Ada workshop kepenulisan bertema "Research for Dummies: Internationally Inspiring Your Mind" yang diadain LSIM (lembaga ilmiahnya anak FK) dan kali ini pematerinya adalah peneliti internasional. Awalnya agak males juga berangkat ngampus, karena mulai acaranya siang, ditambah cuaca Malang yang entah akhir-akhir ini terasa panas banget di siang hari namun dingin di malam hari, dan seringkali tiba-tiba hujan deras sebentar, berhenti, gerimis, deras lagi, cerah, gerimis lagi –lo, kok malah ngomongin cuaca?- Balik ke topik awal..

Nah, ceritanya sejak menjejak dunia kampus ini aku jadi sangat tertarik sama yang namanya dunia tulis-menulis dan karya ilmiah… Karena dari dulu aku emang bercita-cita jadi ilmuwan, hoho. Akhirnya dengan berusaha melibas malasi tu, aku datang.

Ada dua pemateri yang presentasi, Mba Nova –lupa nama panjangnya- dan Dr. Saifur Rahman. Dan dua-duanya hebat!

Mba Nova ini mahasiswa Synthetic Biology, Bioengineering Faculty, California University semester 7 dan ternyata juga seorang Arek Malang. Udah melalangbuana ke berbagai negara bermodal penelitian. Kereen! >.< Presentasinya santai dan gaya anak muda banget, pake English karena bertahun-tahun di USA membuat dia jadi lebih fasih English daripada bahasa Indonesia. Disini beliau ngasih motivasi bahwa penelitian itu bener-bener keren. Meski kata-katanya sederhana, tapi sangat memotivasi!

  • -        Effort your self to learn! Your desire to learn is very important, just get going. Will is not enough!
  • -        Take care of your self! (jangan harap orang lain akan menyuapi semua ilmu…)
  • -        There are no wrong with question, you ask means you wanna know.
  • -        If you wanna get something, you need to look for it!
  • -        You never know the results. There are a lot of things you don’t know, that’s why you need to know.
  • -      Boost up your resume: connection, money, travelling. Read 3-5 journals per day (Look at the good paper. It is really hard to read but you have to. More you read, more you wanna know), wide your mind. Research is interesting! Great prospect, billion dollars business, ya know? (haha..)
  • -        Research is FUN!!

Lalu Dr. Saifurrahman, beliau udah beberapa kali menerbitkan jurnal internasional, terutama masalah kardiovaskular. Banyak nerima penghargaan research international sekalian jalan-jalan ke beberapa negara. (Ya ampuun, enak banget ya jadi peneliti itu!!) Pernah kuliah di Jepang dan sekarang jadi dosen sekaligus peneliti di FKUB. Pengalaman penelitiannya, jangan ditanya?

Beliau menekankan, research changes your mindset to be more systematic

Wahh, thanks buat LSIM buat acaranya. Sering-sering ngadain event kaya’ gini. Yap, sekarang aku jadi *menggebu-gebu* ingin membuat karya tulis! Doakan yaa, Bismillah

No comments:

Post a Comment