Saturday 30 March 2019

[ GAME LEVEL 1 ] Day 3, Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif

Kemarin saat dinas malam di Rumah Sakit, ada salah seorang pasien di antar orangtuanya datang. Gadis kecil 5 tahun yang mengamuk hingga menjelang saya datang.

Saya sapa pelan, "Halo, namanya siapa". Sejurus si gadis diam sejenak menatap saya tajam. Ibu di sampingnya berujar, "Itu ditanya dokter siapa namanya, Nak". Tapi si anak langsung memukul ibunya dan kembali berteriak.

Ya, menemui anak yang takut kepada tenaga kesehatan itu kerap saya temui beberapa kali. Kuncinya sebenarnya sama seperti menghadapi pasien lain. Jujur. Jangan sampai anak merasa dibohongi.

Nah jadi daripada saya bilang "Nak, ga akan disuntik, ga akan diapa-apain kok".. Maka saya pilih, "Oke sekarang Bu dokter ingin adek diam dulu, biar ibu dokter dengar suara paru-parunya". Lalu karena masih juga ia mengamuk, saya tambah "Kalau masih nangis, nanti ga kedengaran nafasnya sayang". Perlahan tangisnya reda meski masih sesenggukan. Dengan cepat saya letakkan diafragma stetoskop di dadanya. Oke, aman. Barulah saya berujar, "Bagus ya, karena kita bekerjasama dan kamu lebih tenang."

Saat si anak dan orangtuanya sedang menunggu obat diracik dan ia telah sepenuhnya tenang, saya hampiri sambil usap kepalanya, "Nah, tak apa kan? Nanti minum obat, lekas sembuh ya"

#hari3
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

No comments:

Post a Comment